Senin, 25 Februari 2013

Membuat Mie Ayam Teriyaki

Membuat mie ayam teriyaki dengan sausnya yang khas dari Jepang memang sering diburu oleh para penggemar masakan jepang. Pada postingan yang lalu kita belajar tentang membuat mie ayam bakso pangsit, dan kita tahu kalau itu adalah masakan khas orang Indonesia terutama jawa. Sekarang kita mencoba membuat mie ayam teriyaki yang katanya ini adalah mie ayamnya orang jepang. Agar kita tidak ketinggalan jaman dan tidak dibilang ndeso, mari kita juga membuat mie ayam teriyaki, biar dianggap jepun-jepun dikit, hehehe.

Membuat mie ayam teriyaki sangat berbeda sekali dengan pembuatan mie ayam biasanya. Mulai dari bahan-bahan yang digunakan hingga cara memasaknya pun berbeda. Bagi agan-agan yang mau menjalankan bisnis mie ayam, tidak salahnya agan coba masakan jenis ini. Mungkin saja bisa menyaingi mie ayam - mie ayam lainnya. Oke, langsung saja menuju cara membuat mie ayam teriyaki.

Persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu :
Mie Ayam teriyaki

  1. 500 gr Mie Hokkian yang masih segar
  2. 500 gr dada Ayam  fillet, diiris tipis-tipis
  3. 2,5 sdm minyak kacang
  4. 125 gr jagung muda, jagung harus dicincang membujur
  5. 3 siung bawang hijau, lalu diiris secara diagonal
  6. 1 sdm kecap asin. Jika lebih suka manis, pakai kecap manis juga boleh
  7. 1/2 paprika merah, bijinya harus dibuang, lalu diiris
  8. 1 batang seledri, dan diiris tipis-tipis
  9. 1/2 cangkir tebal teriyaki marinade
  10. 1/4 cangkir Kacang goring lalu dicincang

Langkah-langkah pembuatannya :
Pertama-tama, taruhlah mie ke dalam mangkuk yang tahan panas dengan ukuran yang besar. Tutuplah dengan air yang mendidih. Tahan selama tiga menit. Kemudian tiriskan.

Kedua, panaskan wajan dengan api yang besar. Tambahkan 1 sdm minyak dan setengah ayam. Tumis selama 2 menit atau sampai ayam matang. Angkat. Ulangi dengan 2 sendok teh minyak dan ayam yang tersisa.

Ketiga, Tambahkan sisa 1 sendok makan minyak untuk melapisi permukaan wajan. Aduk secara memutar di permukaan hingga seluruh permukaan wajan tertutup minyak. Setelah minyak siap, tambahkanlah sayuran. Tumis selama 1 menit.

Terakhir, Masukkan semua bahan itu jadi satu, yaitu ayam, mie, bumbu, kecap dan kacang ke dalam wajan. Tumis selama 1 menit atau sampai panas dan matang. Pembuatan mie ayam teriyaki selesai. Sajikan mie teriyaki ini selagi masih panas.

Membuat mie ayam teriyaki mudah bukan? Sekarang anda bisa mencobanya. Semoga hasil kreasi anda bisa dinikmati dan yang terpenting cita rasanya khas jepun banget.

Baca Juga Artikel Lainnya :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello salam kenal, saya Yetty.

Ada bbrp bahan2 asing bagi saya. Mau nanya seperti yang dibawah ini :
1. Mie Hokian belinya dimana ?
2. Bawang Hijau itu seperti apa ya?
3. Kacang goring.
4. Teriyaki merinade?, apa bedanya dgn teriyaki biasanya.

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►