Senin, 25 Februari 2013

Membuat Bakso Sapi

Membuat bakso sapi sendiri pada dasarnya mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan-bahan untuk membuat bakso. Mengapa bakso-bakso yang dijual itu sangat kenyal dan berasa banget? Dalam membuat bakso ternyata menyertakan beberapa bahan untuk penguat rasa dan pengenyal agar baksonya semakin enak. Namun, untuk membuat bakso, anda juga bisa menghindari menggunakan bahan-bahan itu, tetapi hasilnya tentu tidak seenak bakso-bakso yang dijual di pinggir-pinggir jalan atau restoran-restoran.

Membuat bakso ini sebagian telah saya posting pada artikel terdahulu, namun postingan kali ini menampilkan bahan-bahan yang agak berbeda dari postingan sebelumnya. Faktor lain yang dapat membuat bakso terasa lebih enak adalah daging sapinya. Daging sapi yang baru disembelih ternyata dapat menghasilkan cita rasa yang lebih dibandingkan dengan daging yang sudah lama disimpan. Untuk lebih baik anda membeli daging sapi di tempat penyembelihan hewan langsung. Atau jika anda mempunyai sapi sendiri juga bisa langsung disembelih :-)
membuat bakso

Oke, berikut ini langkah-langkah dalam membuat bakso yang enak dan mak nyus.

Bahan baku
1. Daging sapi segar (250 gr)
2. Air es (145 gram)
3. Tepung tapioka (67,5 gram)
4. Garam (11,5 gram)
5. Monosodium glutamat (MSG) (3,5 gram)
6. Sodium Tripolyfospat (STTP) – FG* (1 gram)
7. TIO2 (Titanium dioksida) – FG* optional (0,2 gram)

Catatan :
1. STTP yang dipakai harus FOOD GRADE, fungsinya adalah sebagai pengenyal.
2. TIO2 yang dipakai juga harus FOOD GRADE, fungsinya untuk membuat bakso lebih putih (tidak terlalu hitam) – ini pilihan saja, boleh pakai boleh enggak.
3. Resep di atas adalah resep untuk skala rumah tangga. Jika anda ingin membuat yang lebih banyak, digunakan sebagai jualan, anda dapat mengalikannya dengan angka 10. Sehingga setiap bahan baku anda menggunakan 10 kai lipat dari bahan-bahan di atas.

Cara membuat bakso :
  1. Masukkan daging yang sebelumnya digiling dulu dengan mesin penggiling daging. Agar kerja mesin chopper tidak berat. Masukkan daging sedikit demi sedikit sambil mesin chopper jalan.
  2. Masukkan setengah air es dan bumbu-bumbu (garam, msg, sttp dan tio2). Giling terus sampai daging sudah kelihatan lembek
  3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Masukkan juga sisa air es yang setengah bagian. Ini agar temperatur daging tetap dingin.
  4. Giling terus sampai halus. Perhatikan juga temperatur daging, jangan sampai panas (suhu diatas 15 der. C). Bila daging panas, baksonya tidak bisa kenyal.
  5. Keluarkan adonan bakso dari mesin. Lalu cetak bakso dengan tangan atau mesin pencetak bakso.
  6. Rebus bakso dengan air panas tapi jangan sampai mendidih. Suhu air sekitar 80 der. Celcius.
  7. Bila bakso sudah mengambang di permukaan air, angkat bakso dan dinginkan.
  8. Bakso telah jadi dan siap untuk disantap.


Baca Juga Artikel Lainnya :

4 komentar:

pasang iklan gratis mengatakan...

okee saya bisa coba skrg.. trmksiih/..

BENGKEL BAKSO mengatakan...

Wah resepnyanya sangat bermanfaat, sekedar tambahan,Untuk STPP FG bisa kita ganti dengan karagenan, bahan ini alami karena berasal dari rumput laut dan selebihnya sudah siip.

salam kenal
p. gun

Adi Saputra mengatakan...

Masterrr...Mr.Bengkel Bakso

Adi Saputra mengatakan...

Masterrr...Mr.Bengkel Bakso

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►