Senin, 18 Februari 2013

Membuat Mie Ayam (Mie Ayam Jamur)

Membuat mie ayam jamur baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual ternyata banyak diminati oleh para pecinta makanan. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang suka masak-memasak, bisa membuat mie ayam jamur tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Dari pada beli di warung atau di pinggiran jalan, mending membuat mie ayam jamur di rumah lebih mengasyikkan. Pada kali ini kita akan membuat mie ayam jamur untuk empat porsi. Bagi yang belum pernah membuat mie ayam tentu porsi ini sangat pas untuk uji coba. Atau jika dihidangkan di rumah, porsi  ini cukup untuk suami dan 3 orang anak.

Membuat mie ayam jamur pada dasarnya tidak sulit jika kita serius mencobanya. Dan bagi agan-agan yang ingin membuat mie ayam ini untuk dijual, anda bisa menambahkan sendiri porsinya. Memang mie ayam pada saat ini masih sangat digemari oleh banyak kalangan. Lihat saja di pinggir-pinggir jalan, pasti banyak sekali yang jualan mie ayam. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu membuat mie ayam jamur untuk menyaingi mereka. Di antara penjual-penjual mie ayam pasti jarang yang menyajikan mie ayam jamur ini.

Membuat mie ayam jamur selengkapnya anda bisa simak langkah-langkah berikut ini :
Pertama-tama kita siapkan bahan-bahan sekaligus racikan bumbunya.
    Membuat Mie Ayam
  • 2 potong paha ayam (kalau bisa paha yang bagian atas, atau bagian yang lain juga tidak apa-apa jika tidak ada paha. Asalkan jangan kepala atau ceker ya, hehehe)
  • Satu ikat sawi segar
  • Satu bungkus Mie telur (beli mie keriting yang bermerek dan terkenal enak)
  • 6 buah jamur kancing segar
  • garam, gula, dan lada
  • Kecap manis (kalau ada kecap bango. Soalnya kecap ini terkenal enak)
  • 4 siung bawang putih
  • Gula jawa
  • Daun bawang
  • Seledri
  • Minyak goreng
  • Minyak wijen
Sekarang kita membuat kaldunya.
  • Didihkan air terlebih dahulu sebanyak 1 liter dengan api besar.
  • Jika sudah mendidih, kecilkan apinya kemudian masukkan ayam yang sudah dipotong-potong.
  • Matikan api jika air sudah menyusut menjadi sekitar 3/4 dan ayam sudah matang.
  • Ambil ayamnya.
  • Air kaldu bekas ayam tadi dipanaskan lagi, namun dengan api kecil
  • Kemudian masukkan daun bawang dan seledri yang diikat.
  • Secara pelan-pelan, buanglah kotoran yang terlihat mengapung di atas kaldu. Lakukan hingga kaldu menjadi jernih.
  • Masukkan garam, lada, serta gula sesuai selera sebagai bumbu kaldu tersebut.
Sekarang kita olah ayam yang sudah direbus tadi.
  • Pertama ambil daging ayamnya saja. Tulangnya bisa masukkan ke dalam kaldu tadi.
  • Daging tersebut kemudian kita cincang.
  • Selanjutnya kita panaskan 1 sendok makan minyak wijen dan 2 sendok makan minyak sayur.
  • Tumislah 2 siung bawang putih.
  • Cincang halus jamurnya dan masukkan ke dalam minyak yang dipanaskan tadi. Tunggulah hingga jamur-jamur itu menjadi layu.
  • Kemudian jika sudah layu, masukkan juga ayam yang sudah dicincang tadi.
  • Masukkan 4 sendok makan gula jawa halus, 4 sendok makan kecap manis, garam, lada, dan gula secukupnya.
  • Campur dengan segelas kaldu ayam tadi hingga mendidih lalu apinya dikecilkan.
  • Tunggu hingga airnya menyusut dan warna ayam yang ditumis tadi menjadi gelap.
  • Jika warna ayam terasa kurang coklat, kita bisa menambahkan kecap lagi.
Membuat minyak bawang.
  • Dengan 5 sendok makan minyak sayur, tumis 2 buah bawang cincang hingga warnanya coklat
  • Angkat dan sisihkan
Memasak sawi.
  • Cuci sawi hingga bersih kemudian potong sawi sesuai selera.
  • Kita didihkan air kira-kira 2 gelas. Jika sudah mendidih, masukkan potongan sawi itu dan jangan lupa tutup pancinya.
  • Tiriskan sawi jika sudah masak berwarna hijau tua.
Memasak mie telor.
  • Masak air hingga mendidih.
  • Masukkan mie telor dan 1 sendok makan minyak sayur. Hal ini bertujuan agar tidak lengket.
  • Tiriskan mie jika sudah lunak.
Cara menghidangkannya.
  • Ambillah mie secukupnya dan masukkan ke dalam mangkok, 1 sendok makan minyak bawang, lalu campur secara rata
  • Tambahkan tumisan ayam,  jamur, sayur, daun bawang cincang, dan sambal sesuai selera
  • Terakhir siram dengan kaldu.
Membuat mie ayam jamur sudah selesai. Gimana? sudah jadikah mie ayam anda? Praktekkan cara ini secara perlahan-lahan, insya Allah mie ayam anda akan terasa enak. Sekian dulu ya, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga Artikel lainnya :

10 komentar:

Muara Pos mengatakan...

Makasih banget, aku tak coba ah,,

limmeyi rusdianti mengatakan...

aku sangat suka mie ayamnya hauce ping ping ping

rahasia blog mengatakan...

itu jamurnya sgla jenis jamur bisa..????

Anonim mengatakan...

trims ya, aku mau coba buat jualan semoga berkah

andi pemalang mengatakan...

waw, good post

sedot wc gresik mengatakan...

bisa uat referensi. makasih ya... semoga lancar

Halra mengatakan...

mie ayam jamur? belum ada ditempat saya, kayaknya bagus untuk dijadiin bisnis kuliner nih, trimakasih telah membahas resep ini
:-)

jilbab syar'i mengatakan...

belum ada tuh penjual yang mencampurkan mie ayam sama jamur, makasih gan infonya buat buka usaha ditempat kost ane.
grosir jilbab murah

Budi setiawan mengatakan...

salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak yaa.. keep writes

valent mengatakan...

DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

KAMI BELI BARANG BEKAS ANDA DENGAN HARGA KOMPETITIF & INFO VALID :

1. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI RP. 4000 / BUAH.

2. KAMPAS REM MOBIL DISC BRAKE / DRUM BRAKE ( TEROMOL )
KAMPAS REM DEPAN BEKAS HARGA RP. 2500 / PASANG.
KAMPAS REM BELAKANG TEROMOLBEKAS HARGA RP.4000 / PASANG.

3. KAMPAS REM BEKAS MOTOR TEROMOL
MIO HARGA RP. 5000 / PASANG.
BEBEK HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, PIAGGIO, YAMAHA, MOTOR CINA RP. 2500 / PASANG.
RX-KING SERIES, NINJA SERIES, MEGA PRO SERIES, TIGER SERIES RP. 3000 / PASANG.

4. DIBELI KAYU GAHARU ASLI ALAM / KAYU GAHARU TENGGELAM ! ! ! SEBUTKAN NAMA JENIS KAYU GAHARU TSB , HARGA JUAL , JUMLAHNYA , BARANG LEGAL .. SAMPEL HARAP KIRIM KERUMAH SAYA ( JANGAN CUMA MODAL GAMBARNYA DOANK.. )

5. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI RP.5500 / KG.

6. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, MOTOR CINA RP. 3000 / SET.

7. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS MOGE / HARLEY DAVIDSON
HARGA RP. 10000 / SET. JUMLAH MINIMAL LEBIH DARI 200 SET

8. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
RP. 3500 / KG
HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.

9. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, TOWER BTS TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.

10. DIBELI SEGALA MACAM BESI TUA ( SEBUTKAN HARGANYA LANGSUNG, BERAPA JUMLAH, LOKASI SEBUTKAN, BARANG LEGAL, DOKUMEN LENGKAP). HANYA INFO VALID & TIDAK ABAL-ABAL !!

11. TERIMA BONGKARAN RUMAH TUA, RUMAH GEDONG, VILLA, KOST2 AN, GUEST HOUSE, RUKO, GUDANG, PABRIK, HOTEL, GEDUNG, CAFE, RUMAH MAKAN, RESTAURANT, RUMAH SAKIT, RUMAH BERSALIN, KLINIK, BARAK ABRI, BARAK POLISI ( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

12. DIBELI PULUHAN / RATUSAN / RIBUAN PERALATAN EX KANTOR, PABRIK, HOTEL, DLL YG MATI / RUSAK BERUPA: HANDPHONE, PABX, KOMPUTER SET, MONITOR, SCANNER, PRINTER, UPS, AC BEKAS, SERVER, LAPTOP, GENSET, KURSI ( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

13. DIBELI TEMBAGA LIDI KUPAS ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG , TIDAK MELAYANI INFO ABAL2 / DP / SKBDN / LOI / SPH / DEPOSIT )
14. DIBELI HARGA MIRING & INFO VALID :
RINSO KILOAN
PEWANGI PAKAIAN
SABUN MANDI
KECAP ABC / BANGO / SEDAAP
POP ICE
ODOL
TEPUNG TERIGU SEGITIGA BIRU
MINYAK GORENG REFILL
MARGARIN KILOAN
OLI MESIN BARU ( BARANG RESMI & BUKAN CURIAN )
SUSU KALENG INDOMILK / BENDERA
KEJU KRAFT CHEDDAR / PROCHIZZ
15. DIBELI GELAS PLASTIK 8/10/12/14/16oz ( BEKAS PABRIK BANGKRUT / USAHA BUBBLE ICE BANGKRUT / GUDANG BANGKRUT / SALAH CETAK , MINIMAL GRAMATUR 1 GELAS = 7 KEATAS , SAMPEL HARUS SY TERIMA )
16. DIBELI BIJI PLASTIK ORIGINAL JENIS : ABS , POLYCARBONATE , AKRILIK , PET BOTOL , PET POLYESTER ( SAMPEL HARUS SY TERIMA )
17. DIBELI KULIT KABEL “ PE GILA “ ( SAMPEL HARUS SY TERIMA )
18. DIBELI PLAT BAJA TEBAL 1,5 – 2 & 3 MM ( TDAK MELAYANI INFO ABAL2 , SAMPEL HARUS SY TERIMA , DOKUMEN LENGKAP , BARANG LEGAL )
19. DIBELI CHIKI , BISKUIT , MIE KERING , SUSU BUBUK / CAIR , ROTI KERING YANG KADALUARSA ( SAMPEL HARUS SY TERIMA , BARANG DIANTAR KE TEMPAT SY )
20. DISEWAKAN DUMPTRUK KAPASITAS 24M3 , 2012 UP , KHUSUS SEWA BULANAN ( KIRIM LOI ANDA KE EMAIL SY : pengusaha21@gmail.com )
21. DIBELI TUTUP BOTOL AQUA RP.4000/KG
22. DIBELI CD MUSIK / SOFTWARE RP.3000/KG
23. DIBELI PLASTIK PS BENING RP.6000/KG
24. DIBELI TUTUP BOTOL AQUA GALON 5500/KG
>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
1. DIJUAL KAYU GAHARU TENGGELAM , AB , KEMEDANGAN , CHIPS , DEKOR , DLL

KETERANGAN:
SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG..
KIRIM GAMBAR & DATA LENGKAP..
KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS ANDA YANG CUMA CEK HARGA..

HUBUNGI SEGERA
089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
WHATS”APP 089650091317
DHONY & TEAM

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►